Konsep Dasar Ekonomi Syariah

Dalam pandangan Al-Qur’an, filsafat fundamental dari ekonomi islam adalah tauhid. Hakikat tauhid adalah penyerahan diri yang bulat kepada kehendak Ilahi, baik menyangkut ibadah maupun muamalah, dalam rangka menciptakan pola kehidupan yang sesuai dengan kehendak Allah SWT. Tauhid menjadi dasar seluruh konsep dan aktifitas umat islam, baik ekonomi, politik, sosial maupun budaya, landasan filosofis inilah yang membedakan ekonomi islam dengan ekonomi kapitalisme dan sosialisme, karena keduanya didasarkan pada filsafat sekularisme dan materialisme. Konsep tauhid menjadi dasar ekonomi, dalam tataran ini disebut teologi ekonomi islam.

Teologi ekonomi islam yang berbasiskan tauhid tadi mengajarkan dua pokok utama :
  • Pertama Allah SWT menyediakan sumber daya alam sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan manusia, manusia yang berperan sebagai khalifah dapat memanfaatkan sumber daya yang banyak itu untuk kebutuhan hidupnya. Dalam pandangan teologi Islam, sumber daya-sumber daya itu merupakan nikmat Allah SWT yang tak terhitung (tak terbatas) banyaknya, sebagaimana dalam firmannya “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak bias menghitungnya”. (QS. 14:34).

  • Berbeda dengan pandangan di atas, para ahli ekonomi konvensional selalu mengemukakan jargon bahwa sumber daya alam terbatas (limited) karena itu menurut ekonomi islam, krisis ekonomi yang di alami suatu negara, bukan terbatasnya sumber daya alam, melainkan karena tidak meratanya distribusi, sehingga terwujud ketidak adilan sumber daya ekonomi.
Tak terhitung banyaknya ayat-ayat Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa alam dan seluruh isinya disediakan untuk kepentingan manusia. Ayat-ayat itu menunjukkan bahwa pertanian, perdagangan, industri baik barang maupun jasa dan berbagai bentuk kegiatan produktif juga untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu sistem ekonomi islam sebenernya lebih maju dari pada sistem ekonomi konvesional yang berbasis bunga (riba), sehingga kalau negara kita ingin mempunyai basis ekonomi yang kuat sistem ekonomi islam bisa menjadi alternatifnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment